Cara menghitung perkalian matematika tanpa menghafal

Saat ini siapa sih yang tidak bisa perkalian, yah perkalian memang sangat rumit dan tidak mudah untuk dipecahkan. Banyak solusi yang mengharuskan agar mudah menghitung perkalian adalah dengan menghafal.

Jika menghafal kamu akan tau jawaban dengan sangat cepat, tapi ada solusi lain kalau kamu bisa menghitung pertambahan matematika maka kamu bisa juga menghitung perkalian.

Ingat akar matematika adalah pertambahan atau penjumlahan, perkalian hanya di ibarat batang pohon yang berdiri diatas akar.

Saya sendiri adalah orang tipe yang tidak suka menghafal, terkadang ada beberapa orang yang menghafal sesuatu tapi lama sekali untuk mengingatnya.

Sampai sekarang saya sendiri hanya hafal perkalian 1, 2, dan 5 selebihnya itu hal yang tidak perlu ditanya hehe.

Kalau kamu ingin bisa perkalian tanpa Menghafal, ada lho caranya. Jangan anggap menghafal itu membosankan meski kamu menganggapnya seperti itu karena kamu membaca artikel ini berarti ingin menghitung perkalian tanpa menghafal dengan mudah.

Meski begitu, cara ini tidak secepat kalau kamu sudah mengingatnya. Cara yang lambat tapi mudah kamu lakukan, saya katakan lagi akar perkalian adalah penjumlahan kalau kamu ingin bisa perkalian terlebih dahulu bisakan penjumlahan seperti 2 + 5 = 7.

Bagaimana caranya, kamu bisa menghitung perkalian hanya dengan bermodal bisa penjumlahan dan bermodal jari-jari tangan saja.

Tidak bisa perkalian Matematika? Begini lho cara berhitung perkalian tanpa Menghafal. Hanya pakai Jari-Jari tangan!

Setiap jari-jari tangan manusia sejak lahir sudah dilengkapi dengan alat-alat yang luar bisa dan tidak terduga salah satunya adalah sidik jari selain sidik jari juga jari-jari kamu dilengkapi dengan garis-garis lengkup.

Tidak bisa perkalian Matematika? Begini lho cara berhitung perkalian tanpa Menghafal. Hanya pakai Jari-Jari tangan!

Ternyata dengan garis-garis lengkup itu kamu bisa menghitung dan membedakan angka tapi kalau kamu salah membedakannya sedikit saja kamu keliru

Cara menghitung perkalian 3 dan 4 dengan garis-garis jari

Kita mulai dengan perkalian bawah, kamu bisa menghitung perkalian 3 sampai 4 dengan penjumlahan di jari jari kamu. Saya tidak mengatakan perkalian 1, 2, dan 5 karena saya yakin kamu sudah bisa mengingatnya jika kamu masih tidak bisa YA TUHAN perkalian begitu saja itidak bisa.

Perkalian 3 dan 4 bisa kamu hitung dengan garis-garis lengkup di jari kamu.

Cara menghitung perkalian 3 dan 4 dengan garis-garis jari

Pertama tentukan dulu perkalian 3 atau 4 mana yang akan kamu pecahkan? Regangkan jari-jari kamu berapa jumlah yang akan kamu pecahkan hasilnya

Misalnya saya akan memecahkan soal 3 × 6 atau lebih mudahnya kita balikan saja jadi 6 × 3. Nah bagaimana menghitungnya? Karena saya akan memecahkan soal perkalian 3 maka saya akan meregangkan 3 jari saya entah tangan yang kanan atau tangan yang kiri.

Cara menghitung perkalian 3 dan 4 dengan garis-garis jari

Coba kamu hitung di tengah tengah garis lengkup jari kamu, saya yakin 4 jari kamu hanya memiliki 2 garis lengkup saja dan memiliki potongan tengah-tengah yang terbagi 3 kalau salah saya mohon maaf mungkin saya keliru hehe

Hitunglah tengah-tengah yang terbagi garis-garis jari kamu. Sudah saya katakan kalau kamu punya 3 potongan tengah tengah yang terbagi oleh garis jari jari kamu.

Ingat satu jari memperoleh hitungan soal yang akan kamu pecahkan? Karena disini soalnya 6, jadi bagaimana menghitung satu jari kamu sampai 6 jika tengah-tengah satu jari hanya ada 3?

  1. Hitung dulu tengah-tengah garis lingkup kamu sampai 3. Jika sudah, hitung lagi atau satu jari kamu hitung satu balikan. Seperti jari manis, kalau kamu sudah menghitungnya dan jumlahnya 3 hitunglah lagi jari manis kamu satu balikan lagi dan pastikan satu jari-jari kamu jumlahnya 6.
  2. Kemudian hitung lagi jari-jari yang kedua, lakukan hal yang sama. Setelah mendapatkan jawaban 6 pada jari pertama lanjutkan pada jari-jari kedua, seperti 7, 8 lalu 9 dan hitung sebanyak 2 balikan atau 2 kali hitung seperti keatas dan kebawah.
  3. Kamu hanya perlu menjumlah lebih tepatnya kamu hanya perlu menghitung maju saja, misal dari 1, 2, 3, ...(sampai)..., 100.
  4. Berhitung
  5. Setelah kamu menghitung 2 kali balikan pada jari kedua, lanjut pada jari ketiga. Hitung dan sambungkan lagi, seharusnya kalau soal ini adalah 6×3 seharusnya hasil pada jari kedua adalah 12. Jika benar 12, lanjutkan pada jari ketiga pada hitungan 13 sampai kamu mendapatkan jawabannya.
  6. Jarimatika perkalian 3 dan 4

Selesai menghitung 2× balikan dari bilangan 13 sampai selesai seharusnya kamu memperoleh hasil 18. Jika benar kamu memperoleh hasil 18, selamat hasil akhir adalah 18 jawabannya. Jadi jawaban 6×3 atau sebaliknya 3×6 adalah 18. Coba buktikan dengan kalkulator!

Lalu bagaimana dengan perkalian 4? Langkah-langkahnya sama saja seperti yang dicontohkan diatas, perbedaannya hanya kamu harus meregangkan 4 jari lagi jika ingin memecahkan soal perkalian 4.

Jarimatika perkalian 4

Untuk menghitung angka yang akan kita pecahkan, tadi kita sudah memecahkan perkalian 3 bilangan 6. Nah, untuk memperoleh bilangan 6 adalah menghitung tengah-tengah yang dibagi oleh garis-garis jari sebanyak 2x atau 2 balikan, lantas bagaimana supaya bilangannya menjadi 7, 8, dan 9?.

Mudah saja agar bilangannya 7, kamu hanya perlu menghitung 3 tengah-tengah jari kamu sebanyak 2x balikan sehingga kamu mendapatkan bilangan 6 dan terakhir menghitung 1 tengah-tengah diantara dua garis-garis jari kamu.

Jarimatika perkalian 7

Untuk memperoleh bilangan 8, lakukan hal yang sama yaitu menghitung 2× balikan pada tengah-tengah garis jari pastikan kamu memperoleh bilangan 6 dan hitung 2 tengah-tengah jari kamu karena 6 + 2 adalah 8.

Jarimatika perkalian 8

Tidak lengkap kalau kamu tidak mengetahui bagaimana cara menghasilkan bilangan 9. Perlu kamu tau bilangan 9 adalah bilangan yang istimewa dan unik. Sebenarnya kamu tidak harus menghafal perkalian 9 lho. Nanti kita akan membahas bongkar trik perkalian 9, tapi untuk menghasilkan bilangan 9 dengan menghitung garis-garis jari adalah hasilkan dulu bilangan 6 dengan cara yang sama setelah itu hitunglah lagi semua tengah-tengah yang dibagi garis-garis jari kamu.

Jarimatika perkalian 9

Nah mungkin kalau kamu ingin menghitung perkalian 3 dan 4 kamu hanya perlu menjumlahnya saja, dulu saya habis-habisan untuk mengingat perkalian 3 dan 4. Tapi setelah saya pikir² untuk membongkar jalan pintas kedua perkalian tersebut.

Matematika selalu mempunyai sebuah trik agar semua soal dipecahkan dengan sangat mudah, saya pernah jadi kutu buku tapi hanya dalam waktu yanv sangat sebentar saja. Saya sempat membaca buku tentang membongkar trik matematika dan ternyata ada banyak sekali trik yang saya dapatkan namun karena kejadian itu sudah sangat lama saya melupakan trik-trik yang ada dibuku tersebut

Kamu mungkin memerlukan satu contoh lagi memecahkan perkalian 3 dan 4 dengan menghitung tengah-tengah garis jari kamu. Seperti contoh saya akan memecahkan soal 7×4?.

  1. Saya akan menghitung dimulai jari pertama, tapi sebelumnya saya akan meregangkan 4 jari saya lalu bagaimana caranya supaya bilangan jari pertama ada 7?
  2. Hitung sebanyak 2x balikan 3 tengah-tengah garis jari pasti saya menghasilkan bilangan 6, untuk menambah bilangannya menjadi 7 berapa tengah-tengah jari yang saya butuhkan?
  3. Pada jari pertama saya berhasil memperoleh bilangan 6 dan saya menghitung satu kali lagi pada jari pertama sebanyak 1. Kalau saya benar saya memperoleh bilangan angka 7.
  4. Lakukan hal yang sama, pada jari kedua dan ketiga. Ingat, saya hanya menghitung maju saja karena saya yakin saya menghitung sesuai porosnya.
  5. Jadi berapa hasilnya? Pada jari pertama hasil akhir adalah 7, pada jari kedua hasil akhir adalah 14, pada jari ketiga hasil akhir adalah 21, dan pada hasil akhir pada jari yang keempat adalah 28. Saya tau sekarang, jawaban 7×4 adalah 28.

Cara menghitung perkalian 6, 7, 8 dan 9 dengan jari-jari tangan!

Kita telah sampai pada perkalian tingkat atas, horeeee...!! Seharusnya perkalian 6, 7, 8 dan 9 akan semakin mudah karena kamu telah mengetahui bagaimana cara memecahkan perkalian tingkat bawah terutama perkalian 3 dan 4.

Saya yakin kamu telah mengetahui perkalian 1, 2, dan 5 apalagi 10. Karena rahasia perkalian itu juga kamu hanya perlu menjumlah-jumlah saja.

Cara menghitung perkalian 6, 7, 8 dan 9 dengan jari-jari tangan

Sebelum kamu mengetahui cara menjumlah perkalian tingkat atas yang akan kita bahas. Kamu harus perlu tau bilangan-bilangannya serta rumus rumusnya .

Jangan kaget kalau saya katakan ada rumusnya, haha rumusnya sangat mudah karena kamu telah mengetahui cara memecahkan perkalian 3 dan 4.

Sebut saja hal yang saya bahas adalah Jarimatika, seperti namanya cara menghitung matematika dengan jari-jari

Jika perrkalian 6, 7, 8 dan 9 tentu bilangannya pada jari hanya 6, 7, 8, dan 9 saja. Nah, satu jari itu satu bilangan. Dimulai dari Ibu jari (jempol, hingga jari manis punya bilangan-bilangannya tersendiri

Cara menghitung perkalian 6, 7, 8 dan 9 dengan jari-jari tangan

Saya rasa kamu tidak perlu bingung yah, saya tidak mengatakan ada bilangan 10 lho karena bilangan 10 tidak perlu di pikir dengan otak hehe, seperti contoh 10 × 10 saya yakin tanpa berpikir kamu tau jawabannya adalah 100. Jelas kamu hanya perlu menambahkan angka nol nya saja.

Saya bilang kan tadi ada rumusnya, kalau dikatakan mah sebenarnya itu bukan rumus hanya cara - cara memecahkan perkalian 6, 7, 8, dan 9 dengan mudah saja.

Bagaimana caranya? Kamu tentukan dulu perkalian berapa yang ingin kamu pecahkan, semisal saya akan memecahkan soal 6×6. Kenapa saya memilih soal 6×6? Jika dilihat dari bilangan jari-jarinya, bilangan 6 sama dengan jempol.

  1. Pertama, kamu acungkan jempol kamu seperti memberikan tanda ‘sip’ pada orang lain kalau kamu memecahkan perkalian 6.
    Cara menghitung perkalian 6, 7, 8 dan 9 dengan jari-jari tangan
  2. Kedua, seperti yang kamu lihat. Untuk memecahkan perkalian 6, 7, 8, dan 9 terdapat 2 bagian yang kamu tau. Yaitu bagian bawah dan bagian atas. Bagian atas terdiri ibu jari dan bagian bawah adalah sia-jari jari yang kamu lipat tentu dibawah ibu jari.

Karena kita memecahkan soal 6×6 yang berarti 2 jempol yang bertemu :D. Bagian atas untuk memecahkan soalnya adalah dengan menambah atau menjumlah. Meskipun ibu jari memiliki bilangan 6, apabila dalam pemecahan jari-jari hanya mempunyai 1 nilai saja. Jadi nilai ibu jari adalah satu

Cara menghitung perkalian 6, 7, 8 dan 9 dengan jari-jari tangan

Misal jari-jari yang kamu acugkan adalah ibu jari dan telunjuk, tetap mereka mempunyai nilai 2 saja meskipun bilangan mereka ibu jari adalah 6, dan telunjuk adalah 7.

Kamu harus ingat yah hasil dari penjumlahan bagian atas harus puluhan tidak boleh satuan seperti hanya 1, 2, 3, sampai 9 tapi hanya boleh 10, 20, 30 ... 100 .

Bingung yah, kalau ibu jari hanya punya nilai satu dan seterusnya, terus bagaimana cara mendapatkan nilai 10? Tidak perlu bingung, kalau ibu jari + ibu jari = 1 + 1 adalah 2. Kamu hanya perlu menambah bilangan 0 dibelakangnya saja jadi 20, yeah.

Untuk bagian bawah sedikit berbeda dengan bagian atas, karena tidak semudah menjumlah seperti bagian atas. Pada bagian bawah kamu harus mengkalikannya (×) tapi tenang ko perkaliannya adalah perkalian yang sudah kita pelajari terdiri dari perkalian 2, 3, dan 4.

Cara menghitung perkalian 6, 7, 8 dan 9 dengan jari-jari tangan

Seperti yang kita lihat, kedua tangan bagian bawah menyisakan 4 jari yang mempunyai nilai 4. Saya yakin kamu telah bisa memecahkan soal perkalian 4, jadi berapa hasil dari 4×4?

Kamu hitung dulu perkalian 4 dengan garis-garis jari kamu. Pada jari pertama kamu hitung dulu bagian tengah-tengah jari kamu dan ditambah satu. Lakukan hal yang sama pada jari-jari selanjutnya, jika sudah kamu akan memperoleh jawabannya

Cara menghitung perkalian 2, 3, dan 4 dengan jari-jari tangan

Sudah dapat jawabannya? Jika kamu benar hasil dari 4×4 adalah 18. Kamu hanya perlu menghitung maju saja.

Nah, berapa jawaban untuk 6×6? Kita sudah mendapatkan hasil dari bagian atas yaitu 20 dan bagian bawah adalah 16. Bagaimana cara untuk memecahkannya?

Untuk memecahkannya hanya dengan menjumlah saja, jumlahkan bagian atas + bagian bawah.

Hasil dari bagian atas dan bagian bawah yaitu 20 + 16 adalah 36. Jadi jawaban dari soal 6×6 adalah 36.

Masih bingung? Mungkin kamu perlu satu contoh lagi, saya akan memecahkan soal 7×8?

Cara menghitung perkalian 6, 7, 8 dan 9 dengan jari-jari tangan

Bagian atas saya memperoleh nilai 2 dan 3 jika saya jumlahkan 2 + 3 adalah 5. Berhubung hasilnya harus puluhan, saya menambahkan nol dibelakangnya menjadi 50.

Bagian bawah saya tau ada 3 jari dan 2 jari yang tersisa, karena bagian bawah harus di kali (×) maka hasil dari 3 × 2 adalah 6.

Apabila bagian atas dan bagian bawah saya jumlahkan, saya akan mendapatkan jawabannya. 50+6 adalah 56. Dari hasil bagian bawah dan bagian atas jadi jawaban dari 7×8 adalah 56.

Coba kamu buktikan di kalkulaktor, apakah benar jawaban dari 7×8 adalah 56?

Cara menghitung perkalian 6, 7, 8 dan 9 dengan jari-jari tangan

Yeah, ternyata benar. Selamat kamu telah memecahkan perkalian matematika hanya dengan jari-jari!

Sekarang kamu tidak boleh mengatakan tidak bisa perkalian matematika dan menganggapnya susah karena ternyata perkalian matematika itu semudah dari yang kita pikirkan

Kamu masih belum paham? Saya mencoba membuatnya lebih sederhana agar kamu bisa memahaminya dengan cepat, tapi kalau kamu memang belum mengerti kamu bisa menghubungi saya di WhatsApp dan tanyakan bagian mana saya yang kamu tidak mengerti