Prediksi Masa Depan : Tenaga kerja di gantikan oleh robot!

(Lihat gambar) Robot

Saya hanya memperkirakan atau yang sebenarnya saya hanya mengira-ngira dan memprediksi atau saya membuat ramalan pekerjaan masa depan berdasarkan fakta di zaman sekarang ini.

Pada masa depan entah sekian berpuluh-puluh tahun yang akan datang atau mungkin akan terjadi pada tahun 2030 semua tenaga kerja akan digantikan oleh tenaga robot.

Kenapa saya bisa memperkirakan seperti itu? Perhatikan saja masa sekarang ini, hampir semua tren tenaga kerja menggunakan tenaga mesin dan orang sedikit sulit mencari pekerjaan dan memang hanya sebagian kecil saja yang menganggur.

Banyak orang yang mengatakan bahwa mencari pekerjaan dikota itu susah, yah masalah itu yang menjadi tantangan jadi sesuaikan dengan kemampuan sendiri. Misalnya, kemampuan seseorang ada hubungannya dengan suatu pekerjaan tapi bertentangan dengan arus zaman. Maksudnya seperti ini jika seseorang itu adalah supir berkendara tenaga hewan seperti delman atau sejenisnya dikarenakan arus zaman yang tinggi orang-orang menginginkan kendaraan yang lebih mumpuni, kendaraan yang lebih nyaman dan tentunya lebih cepat atau karena alasan lainnya sehingga orang-orang lebih memilih mengendarai kendaraan bertenaga mesin.

Pendapat orang itu boleh berbeda beda, mungkin kamu lebih nyaman mengendarai delman selain itu mengendarai delman sangatlah ramah lingkungan.

Akan semakin sulit mencari pekerjaan di kota, jika kemampuan seseorang bertentangan dengan arus zaman.

Contohnya, seseorang yang berkemampuan bercocok tanam atau bertani, sekarang saya bertanya biasanya petani selalu berada dimana saat mencangkul yang kamu jumpai? Jarang ada petani yang mencangkul di kota bukan?

Atau jika seseorang yang berprofesi sebagai tukang antar surat akan sulit mencari pekerjaan di jaman sekarang ini bahkan mengirim surat adalah pekerjaan yang hampir hilang karena siapa sih yang masih menulis surat untuk berkomunikasi, jaman ini semua orang bisa berkomunikasi dengan mudah apalagi handphone sudah berkembang pesat. Jaman dulu berkomunikasi dengan surat adalah hal yang biasa tapi sudah tidak biasa lagi di zaman sekarang ini. Orang-orang lebih menyukai berkomunikasi dengan tenaga mesin atau barang elektronik seperti SMS, Email atau lebih jelasnya melalui Internet.

Berkomunikasi dengan surat telah sudah dimakan zaman meskipun kamu masih menjumpai orang-orang yang masih berkomunikasi dengan surat.

Tukang antar surat atau tukang post entah hampir atau sudah tidak diperlukan lagi, buktinya sering kah kamu bertemu dengan tukang post yang tengah berlari mengantarkan surat?.

Dikota sudah jarang kamu jumpai delman, becak bahkan bajaj pun yang bertenaga mesin sudah jarang kamu temui bukan?.

Bukan hanya bertentangan dengan arus zaman bahkan jika kemampuan seseorang tidak mengikuti perkembangan zaman bisa saja seseorang itu hampir tidak berguna.

Mulai dari sini, tampilan sangat diperhitungkan oleh orang jaman sekarang. Siapa saja yang tidak berpenampilan menjadi suatu hal yang terbelakang dan tertinggal. Contohnya HP berperangkat Java atau Symbian dan Android padahal sama-sama HP punya fitur yang sama (Bisa telepon dan SMS) tapi lebih banyak mana peminat Java atau Android?

Delman sudah mulai jarang bahkan sudah tidak digunakan lagi, saya membahas tentang pekerjaan manusia yang telah digantikan oleh mesin.

Untungnya mesin di zaman sekarang ini mesin belum memiliki kecerdasan buatan sehingga mesin masih membutuhkan kecerdasan manusia.

Saya mengatakan bila kemampuan manusia ada hubungannya dengan pekerjaan namun bertentangan dengan arus zaman maka kemampuan manusia tersebut tidak berguna, bagaimana tidak saya akan mengambil contoh lagi apakah masih ada tukang ojek yang masih menggunakan tenaga manusia, maksud saya ojek yang tidak menggunakan mesin melainkan sepeda yang dikayuh?

Saya berkata tentang kota tapi saya hanyalah orang kampung yang belum tau secara jelas seperti apa itu kota? Apakah masih ada delman? Apakah masih ada tukang antar surat keliling? Apakah masih ada becak yang beroperasi di kota?.

Yah memang, sebagian orang berpendapat mencari pekerjaan semakin sulit saja di jaman modern. Justru saya berpendapat dari sisi lain semua pekerjaan menjadi semakin mudah karena dibantu oleh mesin.

Jangan mengeluh dan teruslah berusaha, karena mencari pekerjaan di masa sekarang ini tidak sesulit mencari pekerjaan pada masa depan.

Sekarang ini apabila kamu adalah supir, bergembiralah mesin masih membutuhkan kecerdasan manusia jika saja mobil-mobil yang menggunakan tenaga mesin tidak dikendarai manusia maka mobil-mobil tersebut tidak akan bisa bergerak sendiri.

Saya berpendapat, pekerjaan manusia semakin mudah dibantu oleh mesin. Dari alat-alat yang terbuat dari bahan batu kini sudah berubah jadi alat-alat yang bertenaga mesin.

Hal yang sangat mengagumkan, semakin hari manusia semakin berkembang saja. Tidak heran jika manusia saat ini bisa menciptakan alat-alat yang sangat luar biasa dan penuh keajaiban.

Saya selalu terpikirkan dan masih menjadi pertanyaan, bagaimana manusia menciptakan alat yang luar biasa seperti mesin terbang yakni pesawat? Bagaimana manusia menciptakan jalan raya dan rel kereta api yang terbuat dari besi yang begitu panjang? Bagaimana manusia menciptakan mesin yang bisa berteleportasi seperti jaringan internet? Bagaimana manusia menciptakan mesin yang bisa mengambang dan berjalan diatas air seperti kapal? Dan bagaimana manusia menciptakan semua alat-alat yang penuh keajaiban?

Ketika seseorang menganggap mencari pekerjaan di masa sekarang ini sulit, maka katakanlah pada diri kamu sendiri “Tidak ada yang sulit selama di dorong dengan kemauan, kerja keras, dan pantang menyerah” tapi dimasa yang akan datang entah kamu akan berkata hal yang yang sama atau tidak.

Beruntung kamu karena masih banyak hal yang bisa kamu lakukan, dari pekerjaan tingkat rendah, pekerjaan tingkat sedang dan pekerjaan tingkat tinggi masih bisa kamu dapatkan. Contohnya saja bengkel, kamu memperbaiki motor ke bengkel pasti diperbaiki oleh manusia. Kamu berjalan-jalan saat melihat rumah tetangga yang sedang di bangun pasti kamu melihat manusia yang jadi tukang kulinya, dan lain sebagainya masih banyak yang bisa dilakukan oleh manusia.

Saya membuat postingan ini pada tahun 2020, entah beberapa abad lagi ini bisa saja terjadi. Kurang atau lebih di tahun 2500, semua tenaga kerja digantikan oleh robot.

Robot? Iyah robot, maksud saya mesin yang menggunakan kecerdasan buatan.

Kecerdasan manusia tidak terbatas, karena kecerdasannya juga manusia bisa saja membuat dunia hancur.

Kenapa saya mengatakan kecerdasan manusia itu tidak terbatas? Menurut ajaran Islam, moyang manusia yakni manusia pertama yaitu Adam diajari ilmu oleh Allah secara langsung tanpa melalui perantara. Tidak heran manusia hampir mengetahui segala hal tentang rahasia dan keajaiban dunia.

Tidak terlalu sulit mencari pekerjaan di masa sekarang ini. Saya heran dengan orang yang kuat, masih muda, dan bertubuh kekar berprofesi sebagai badut keliling, tukang minta-minta, dan ada juga yang menganggur padahal daripada mereka seperti itu saya memilih menjadi pedagang.

Menjadi petani, pedagang, tukang kuli lebih baik daripada memiliki pekerjaan meminta-minta (mengemis) pada orang lain dan terlebih orang yang masih muda menjadi badut keliling.

Kamu tahu internet? Ternyata internet bisa membuka lapangan pekerjaan yang luas meski hanya sedikit saja yang tahu.

Pada masa depan sudah tidak ada lagi pekerjaan yang ditenagai oleh manusia, saya sudah mengatakan kamu memperbaiki kendaraan kamu pasti yang mengerjakannya adalah manusia tapi masa yang akan datang jika kamu memperbaiki kendaraan kamu yang akan memperbaikinya adalah robot.

Semua pekerjaan digantikan oleh robot, kamu yang saat ini berprofesi sebagai supir yang mengendarai mobil pada masa depan mobil-mobil kamu tidak membutuhkanmu lagi karena mobil-mobil tersebut akan bergerak sendiri.

Jangan heran kalau mobil-mobil bisa bergerak sendiri karena sudah memiliki kecerdasan buatan yang lebih cerdas dari kecerdasan manusia biasa.

Perusahaan-perusahaan tempat kamu bekerja akan lebih memilih mempekerjakan mesin dengan kecerdasan buatan daripada mempekerjakan kecerdasan manusia.

Bagaimana tidak karena perusahaan-perusahaan tersebut tidak mau merugi. Seperti ini contohnya jika perusahaan yang di jaman modern ini mempekerjakan manusia dengan gaji setiap bulannya IDR 3 Juta per orang dan pekerjaanya berjumlah 100 orang maka total perusahaan tersebut harus menggaji atau mengeluarkan uang sebesar IDR 300 juta perbulan lalu bayangkan saya jika setahun?

Alasannya perusahaan pada masa depan lebih memperkerjakan mesin yang memiliki kecerdasan buatan karena mempekerjakan manusia itu mahal. Adakah disini ada yang mau di gaji IDR 1 juta perbulannya oleh perusahaan tempat kamu bekerja?

Kamu kenal Indonesia? Memang orang-orang Indonesia itu luar biasa sehingga jika kamu ingin memperkerjakan orang indonesia kamu harus menggaji besar upahnya.

Kamu tahu ibarat barang yang berkualitas tinggi akan mahal harganya dibanding barang berkualitas rendah.

Saya sendiri adalah orang indonesia apabila upah saya kecil maka saya juga akan sedikit malas untuk bekerja hehe tapi sanggupkah suatu perusahaan memberi upah yang besar pada setiap pekerjanya dengan jumlah pekerjanya sangat banyak? Semua perusahaan juga menginginkan untung yang besar.

Syukuri gaji kamu saat ini berapapun itu besar ataupun kecil, kamu beruntung ada yang menggaji sedangkan diluar sana masih banyak orang yang kesana kesini membawa surat untuk melamar kerja namun ditolak.

Masa depan robot yang akan bekerja, setiap perusahaan yang kamu jumpai pada masa depan semua ditenagai oleh robot. Perusahaan lebih memilih mempekerjakan robot karena robot tidak perlu digaji asalkan robot memiliki sumber daya maka robot akan terus bekerja tanpa henti.

Berapapun jumlah robotnya, perusahaan yang mempekerjakan robot hanya perlu menyediakan sumber daya atau membeli power untuk robot tersebut yang di ibarat menggaji satu orang di perusahaan dengan jumlah gaji yang sama.

Oh ya, di masa depan entah barang apapun itu yang membutuhkan sumber daya akan mengisi dirinya sendiri asalkan ada keberadaan cahaya matahari, contohnya mobil masa depan tidak membutuhkan bensin lagi untuk bahan bakar karena mobil tersebut bisa bergerak dengan bantuan cahaya matahari sebagai bahan bakarnya. Bukankah itu hebat?

Mempekerjakan robot hanya memerlukan sedikit biaya saja daripada mempekerjakan manusia, pasalnya manusia harus diberi upah yang tinggi sedangkan robot hanya memerlukan bahan bakar atau sumber daya saja agar bisa aktif.

Semua pekerjaan digantikan oleh robot, pekerjaan apapun itu. Pada masa depan tenaga manusia sudah tidak diperlukan lagi, contoh jika perusahaan mendistribusikan produknya agar sampai pada konsumen maka perusahaan harus membeli bahan bakar untuk mobil yang mengangkut produknya serta menggaji orang atau supir yang mengendarai mobil yang mengangkut produk ke konsumen tersebut dan hal itu membutuhkan biaya yang cukup. Masa depan nanti, jika perusahaan ingin mendistribusikan produknya hanya perlu membekali bahan bakar saja karena mobil-mobil nya bisa membawakan produknya atau berjalan sendiri ke konsumen tanpa melalui perantara.

Saat ini zaman modern orang yang tidak sekolah akan menjadi manusia yang tertinggal oleh zaman, berbeda dengan masa depan nanti apabila orang tidak bisa membuat robot maka akan menjadi manusia yang jauh tertinggal oleh zaman.

Pada masa depan setiap orang harus bisa merakit, merancang dan menciptakan robot, bukan tidak sekolah yang membuat seseorang bisa tertinggal oleh zaman pada masa depan yang membuat seseorang tertinggal zaman adalah tidak bisa membuat robot.

Saya mengatakan semua pekerjaan digantikan oleh robot, yah pekerjaan tingkat rendah, pekerjaan tingkat sedang, dan pekerjaan tingkat tinggi telah ditenagai oleh robot.

Contohnya saja pekerjaan kecil pada masa depan, orang yang mempunyai tugas atau berprofesi sebagai tukang menyapu jalan raya mungkin kamu anggap pekerjaan yang rendah tapi pada masa depan orang akan menginginkan pekerjaan menyapu jalanan seperti menginginkan pekerjaan yang menggunakan dasi di kantor perusahaan, bagaimana tidak karena pekerjaan seperti itu saja menyapu jalan yang bertugas adalah robot.

Jadi jangan mengeluh atas pekerjaan yang kamu miliki sekarang, tekunlah pada pekerjaanmu dan jangan kamu berpikir untuk menginginkan pekerjaan yang untungnya lebih besar kalau kamu sudah memiliki pekerjaan yang baik.

Menatap pada masa sekarang ini, kamu bisa saja mendapatkan uang dari Internet. Saya belum menemukan fakta, apakah pada masa depan kamu bisa mendapatkan uang dengan mudah dari internet?

Jika mungkin ‘iya’, harusnya kamu bisa mendapatkan uang dari internet dengan mudah yaitu membuat konten yang menarik. Tapi, saya takut pada masa depan orang untuk membuat konten yang menarik agar meraup untung besar memamerkan dirinya seolah-olah dia menjual harga dirinya hanya untuk uang.

Saya menemukan fakta buruk yang akan saya bahas pada artikel berikutnya mengenai agama pada masa depan.

Saya berkata dalam hal ini terjadi bisa saja terjadi entah beberapa tahun lagi tapi saya belum mencium kepastian apakah akan terjadi pada waktu yang dekat?

Saya tidak memintamu untuk percaya atas apa yang saya katakan pada artikel ini, tapi saya berpendapat hal yang saya bahas dalam artikel ini bisa saja terjadi.

Umur manusia siapa yang tahu, mungkinkah umur kita sampai pada masa yang akan datang. Jika kamu diberi umur yang panjang dan telah menyaksikan masa depan nanti, apakah masa depan tersebut persis sama dengan yang saya katakan pada artikel ini? Kamu penasaran apakah benar yang saya katakan di artikel ini pergilah ke masa depan dan pastikanlah kalau bisa.

Oooh, ada yang mengatakan kalau masa depan nanti akan kembali seperti jaman dahulu yang menggunakan alat-alat batu. Kalau itu masih menjadi kontroversi, jika mungkin Tuhan ( الله ) berkehendak lain bisa saja apa yang saya katakan pada artikel ini salah dan zaman kembali pada zaman batu.

Begini saja, jika saya salah maka katakan pada saya dengan cara kamu pergi ke masa depan menggunakan alat ajaib Doraemon lalu kembalilah lagi. Jika saya salah tamparlah saya dan katakan “Kamu ini gimana, tentang pekerjaan masa depan tidak seperti apa yang kamu bilang di artikel yang kamu bahas dulu!” haha.


Pekerjaan yang dibiasa kamu lakukan tidak akan biasa lagi pada masa yang akan datang, mungkin kamu memghabiskan waktu untuk pekerjaan yang kamu lakukan, susah payah dan banting tulang. Percayalah, pada masa depan pekerjaanmu digantikan oleh robot


Positifnya, jika manusia pintar tidak akan pernah merasa kesusahan dan kesulitan, hanya perlu menunggu pekerjaannya diselesaikan oleh robot. Misalnya, hari-harimu mencuci pakaian sendiri tapi pada masa depan kamu tidak perlu melakukannya karena pakaianmu sudah ada yang mencuci yaitu robot.

...

Saya berharap artikel ini bermanfaat untuk anda dan memiliki nilai tersendiri di mata anda.

Cukup disini saja artikel tentang pekerjaan masa depan apabila ada kesalahan kata, kalimat, tanda baca, huruf, dan kesalahan bahasa atau kesalahan penyebutan nama maafkan saya karena itu diluar dugaan saya dan saya berharap kamu memaklumi dari setiap kelalaian saya.